hal yang menjadikan Facebook mengubah dunia

Oleh Anonim , Pada Tanggal 3/07/2014
Pastikan anda klik pada Fanspage Pecopas untuk mendapatkan artikel terbaru dan menarik
Baru berusia 10 tahun, tapi Facebook telah menghubungkan dunia dengan cara berbeda, yang mana sebelumnya tidak pernah kita bayangkan. Dengan lebih dari 1,2 miliar pengguna aktif, Facebook memiliki lebih dari 17% populasi dunia menggunakan platform ini ? bahkan tanpa China (yang memilih membuat Facebook sendiri dan memblokir Facebook).


Facebook tidak hanya menarik dalam hal bagaimana memberikan pengalaman baru untuk berbagi, tapi juga mengubah cara dunia berkomunikasi. Baik atau buruk, dunia terus berbagi.

Berikut ini adalah hal yang menjadikan Facebook mengubah dunia.

1. Facebook Mengubah Cara Kita Berhubungan
Facebook menjadikan dunia terasa lebih kecil, dan hal ini terasa jelas. Kamu bisa saja saat ini chatting dengan teman yang sedang ada di Norwegia, Ukraina, atau Arab lewat Facebook. Bahkan semua itu kita dapatkan dengan gratis! Facebook tidak pernah menagih kita.

Itu juga salah satu alasan kenapa Facebook bisa mengumpulkan lebih dari satu miliar pengguna. Jadi harap maklumilah bila Facebook menerapkan banyak sekali kebijakan iklan untuk memperoleh pendapatan guna mempertahankan kelangsungannya.

2. Facebook Mengubah Cara Kita Berbagi

Facebook tidak hanya jejaring sosial yang membantu kita membagikan aspek penting kehidupan kita berupa foto, video dan komentar. Tapi Facebook juga membantu kita mengungkapkan pendapat tentang suatu tema, berbagi inspirasi, berita. Jika kamu mau menelusuri, banyak sekali hal positif yang dapat kita temukan di Facebook.

Sekedar catatan, di tahun 2013, pengguna Facebook membagikan data sebesar 41.000 post per detik menurut catatan perusahaan periklanan online Qmee ?ini hampir 2,4 juta post tiap menitnya.

3. Facebook Mengubah Cara Kita Mengonsumsi Konten

Banyak hal yang bisa dibagikan di Facebook. Politik, berita, olah raga, video lucu, bagi Facebook semuanya setara. Hal itu dimungkinkan dengan adanya News Feed, aliran konten yang terus masuk pada halaman beranda kita.

Facebook-lah yang pertama kali menerapkan News Feed, kemudian ditiru oleh Twitter, Pinterest, dan LinkedIn, yang beberapa di antaranya mungkin dianggap lebih sukses dibandingkan Facebook.

Kadi perubahan yang kita alami dalam mengonsumsi konten adalah, kita cenderung membaca hal-hal yang selalu baru tampil di halaman beranda kita. Kita lebih sensitif terhadap sesuatu yang tengah tren atau menjadi pembahasan banyak orang di dunia.

4. Facebook Mengubah Privasi
Facebook memiliki banyak sekali data dan ini semua dikumpulkan dari kita. Facebook tahu nama kita, sekolah kita, teman kita, tim olah raga favorit kita, musik yang kita dengarkan, buku yang kita baca.

Masalah privasi kemudian mengemuka karena Facebook nampaknya mengetahui lebih dari hal tersebut. Ini dimanfaatkan Facebook untuk membuat iklan terperinci yang menyasar orang-orang yang tepat. Karena hal ini, Facebook sempat beberapa kali menghadapi tuntutan di pengadilan.

5. Facebook Mengubah Politik Amerika
Tidak diragukan lagi bahwa Barack Obama saat pertama kali memenangkan pemilihan presiden sebagai Presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat (AS), memiliki keunggulan luar biasa lewat Facebook dan Twitter. Obama rajin memanfaatkan media ini untuk membentuk citranya serta memberikan kesan positif dalam kampanyenya.

Pada periode berikutnya, McCain yang berusia 71 tahun nampaknya gagap membaca tren ini. Sementara Obama dengan fasih berkomunikasi dengan kaum muda, McCain masih menggunakan cara yang konvensional. Ini juga menjadi salah satu penyebab Obama terpilih kembali di periode kedua.

Ariana Huffington, Editor The Huffington Post bahkan berkomentar, “?Kalau bukan karena Internet, Barack Obama tidak akan menjadi presiden.”?

Bahkan dia menambahkan, “Kalau bukan karena internet, Barack Obama tidak akan pernah menjadi salah satu kandidat Presiden.?”

Keberadaan Facebook ternyata menjadi salah satu faktor penting yang mengubah jalannya politik AS.

6. Facebook Mengubah Timur Tengah
Seperti kita ketahui, negara-negara Timur Tengah kebanyakan dikuasai diktator militer dan rawan konflik. Keberadaan Facebook ini menjadikan masyarakat tahu tentang dunia luar, kemudian melakukan gerakan yang bertujuan menggulingkan pemerintah. Hal ini bisa kita saksikan di Tunisia, Mesir, Yaman, dan Libya, di mana salah satu pemicu dari gerakan tersebut adalah jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Data menunjukkan 2 juta orang berkomunikasi lewat Facebook sebelum revolusi. Di Mesir, setengah juta orang mengumpulkan berita tentang demonstrasi melalui jejaring sosial ini.

7. Facebook Mengubah Cara Bully
Internet adalah tempat yang kejam. Istilah cyberbullying menjadi tren akhir-akhir ini. Seperti kamu ketahui, Facebook menjadi sumber bully yang paten.

Orang-orang suka mengambil foto memalukan dari Facebook untuk kemudian mem-bully pemilik foto tersebut. Dalam beberapa kasus, foto remaja putri yang terkesan seksi juga mendapatkan banyak komentar yang vulgar.

Untuk bagian ini, nampaknya kita harus berpikir keras mengupayakan cara menanggulanginya. Akhirnya, marilah kita ucapkan selamat ulang tahun kepada Facebook, serta tentu saja terima kasih untuk upayanya mengubah dunia selama ini.


hal yang menjadikan Facebook mengubah dunia
hal yang menjadikan Facebook mengubah dunia - Ditulis oleh Anonim , pada tangal 3/07/2014, di label Teknologi
Comment disabled

Kebijakan

Semua konten Pada blog Pecopas memiliki hak cipta dari tautan/link sumber terlampir. Segala isi materi dari konten menjadi tanggung jawab dari pemilik tautan/link sumber.
Hak Cipta ©2014 Pecopas
Desain oleh Damzaky
Didukung oleh Blogger